Tuntunan Tuhan Di Tahun Baru 2021

KELUARAN 33: 15

“Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini.”

Ketika mengakhiri tahun 2020 atau tahun-tahun sebelumnya, banyak orang membuat sebuah resolusi, bahkan selanjutnya mengungkapkan segudang rencana, harapan, dan keinginan yang dibawa memasuki hari-hari di tahun yang baru nantinya. Kita berharap semua kegagalan di hari-hari yang lalu takkan terulang lagi. Hari ini adalah waktu yang tepat untuk berefleksi dan melakukan kontemplasi: “Mengapa aku gagal, mengapa ada rencana berantakan, mengapa ada keinginan yang belum bisa terwujud?”. Mungkinkah karena selama ini kita menjalani hidup dengan mengandalkan kekuatan kita sendiri, merasa mampu tanpa perlu bimbingan Tuhan, merasa tak membutuhkan campur tangan Tuhan.

Saudara, bacaan Keluaran 33: 15 adalah bagian dari ungkapan Musa memohon penyertaan Tuhan ketika Musa diperintahkan Tuhan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju ke tanah perjanjian. Memimpin bangsa Israel menuju ke tanah Kanaan adalah tugas yang tak mudah bagi Musa. Karena itu Musa  sangat membutuhkan bimbingan dan penyertaan Tuhan dan sejak awal penyertaan Tuhan atas mereka sungguh nyata. Namun di tengah perjalanan, bangsa Israel berubah tidak setia terhadap Tuhan dengan membuat patung anak lembu emas untuk disembah (Keluaran 32: 1 – 4); mereka lupa dengan pertolongan Tuhan, penyertaanNya, kasihNya, dan perbuatan ajaibNya. Perbuatan mereka benar-benar menyakitkan hati Tuhan dan menimbulkan kemarahanNya! “…Aku tidak akan berjalan di tengah-tengahmu, karena engkau ini bangsa yang tegar tengkuk, supaya Aku jangan membinasakan engkau di jalan.” (Keluaran 33: 3). Akhirnya Tuhan menyusuh Musa untuk tetap berangkat membawa bangsa Israel ke negeri yang Ia janjikan dengan mengutus malaikatNya berjalan di depan mereka. Musa menyadari keterbatasan dan ketidakberdayaannya, karena itu ia sangat membutuhkan penyertaan Tuhan.

Saudaraku, ungkapan pernyataan Musa kepada Tuhan itu sesungguhnya mewakili perasaan hati saya dan saudara. Ketika kita diijinkan memasuki tahun baru 2021 ini, kita sangat berharap Tuhan akan membimbing perjalanan hidup kita di tahun yang baru ini. Kita percaya bahwa Dia akan melindungi kita dengan “tiang awan” di siang hari dan menunjukkan jalan yang harus kita lalui di saat kegelapan malam dengan “tiang api”-Nya. Selamat Tahun Baru 2021, Tuhan Yesus memberkati.                                                                                                                                         ~YS