SIKAPI DENGAN BIJAK BERBICARA

Bacaan: YAKOBUS 3: 9 – 10
“Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa  Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.

Bersikap hati-hati dalam berbicara, bukanlah hal yang mudah. Apalagi dalam keadaan seperti yang baru dialami Bangsa ini dengan adanya Pandemi Covid-19. Kebanyakan orang lebih suka mengungkapkan kekesalan, ketakutan, kekuatiran bahkan amarahnya lewat kata-kata. Hal seperti itu sebenarnya wajar saja. Namun sayang, keadaan emosional mudah membuat seseorang kehilangan kendali. Akhirnya, kata-kata yang keluar adalah kata-kata yang tidak lagi memberkati atau yang kehilangan empati pada orang lain, semua hanya berkata-kata dengan apa yang dipikir aman, benar, sesuai dengan kebiasaan. Kata-kata yang muncul sering menghilangkan identitas kita sebagai orang yang mengenal Yesus, dimana kita harus ada kasih, dan mengerti dengan keadaan sekitar dan kondisi yang baru terjadi. Coba kita pilih kalimat yang kira-kira memberkati dan berempati pada orang lain.
Contoh pilih a atau b untuk pernyataan ini, akan terlihat siapa kita sebenarnya.
Alasan kita memakai masker :

  1. Saya memakai masker biar tidak tertular dari si penderita
  2. Saya memakai masker karena belum tahu pasti kondisi kesehatan saya jadi saya takut menjadi penyebab tertularnya penyakit.

Alasan menghentikan sementara kegiatan gereja

  1. Agar jemaat gereja tidak tertular dengan apa yang menjadi pandemi sekarang ini
  2. Bersama Pemerintah gereja membatu memutus rantai penularan Covid-19

Alasan Menyebarkan suatu informasi

  1. Saya harus jadi yang pertama memberi informasi yang paling akurat
  2. Saya hanya akan menerima informasi dari Lembaga resmi baik pemeritah ataupun gereja dan menyikapi dengan bijak.

Pepatah berkata: “Lidah tak bertulang”. Kita harus belajar berhati-hati dan tidak tergesa-gesa mengucapkan sesuatu. Biarlah lidah kita dipimpin Tuhan untuk memuliakan nama-Nya dan memberkati orang-orang di sekitar kita. Bersikaplah bijak dalam berkata-kata.  ~AI MGM