SELALU BERJAGA DAN SIAP SEDIA

Bacaan: MATIUS 24: 37–44

“Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

Minggu ini kita sudah memasuki masa Adven. Masa Adven adalah masa pengharapan, penantian, dan persiapan untuk kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Kata “adven” berasa dari kata “Adventus” (Bahasa Latin) yang artinya kedatangan. Masa Adven berlangsung selama empat hari Minggu dan empat minggu persiapan sebelum memasuki Hari Raya Natal.

Minggu ini kita memasuki Minggu Adven pertama. Sebatang lilin ungu akan dinyalakan. Lilin tersebut mengingatkan umat bahwa kedatangan Yesus Kristus, Sang Penebus, sudah disampaikan kepada para nabi terdahulu. Lilin ini juga mencerminkan kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang penuh harapan dan sukacita. Dalam masa Adven, umat Kristen Katholik Roma  maupun Prostestan menyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran dan kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada akhir zaman.

Dalam perenungan Firman Tuhan pada saat ini, Tuhan Yesus memberikan nasehat dan peringatan kepada para murid agar tetap selalu berjaga-jaga dan siap sedia karena kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali waktunya tidak dapat diprediksi. Itu artinya kita tak perlu pusing-pusing memikirkan atau menghitung bahkan meramalkan waktu kedatangan Tuhan. Tuhan Yesus lebih menekankan agar kita siap sedia.

Kata “siap sedia” mengandung makna:

  1. Waspada. Jangan sampai iming-iming dunia yang bersifat sementara membuat kita terlelap dan terlena sehingga kita lupa mempersiapkan hal-hal rohani yang bersifat kekal.
  2. Berjaga-jaga. Apa yang perlu kita jaga? Tentu hati, pikiran, dan perkataan, dan perbuatan kita agar tidak jatuh dalam dosa. Berjaga agar hidup kita tetap kudus dan tak bercela sampai kedatangan Tuhan.
  3. Dengan berdoa kita membangun relasi yang semakin akrab dengan Tuhan. Kedekatan kita dengan Tuhan akan memampukan kita untuk tetap kuat, setia, dan mampu bertahan sampai akhir.
  4. Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita untuk berbenah diri melalui pertobatan.

Saudaraku terkasih, bagaimana dengan persiapan kita? Ingat, Tuhan bisa saja hadir saat ini, nanti, besok, atau kapanpun. Siap sedialah menjaga iman kita agar semakin bertumbuh, sehingga kapanpun Tuhan Yesus datang kedua kalinya, kita dapat menyambut dengan penuh sukacita. Amin.

Selamat memasuki Minggu Adven dengan selalu berjaga-jaga dan siap sedia. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

~Lukas Istiadi