MOTIVASI PELAYANAN

Bacaan: 2 KORINTUS 4: 1 – 6

“Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati.” (2 Korintus 4: 1)

Dalam kehidupan pelayanan, orang memiliki motivasi yang berbeda-beda. Coba kita introspeksi diri dengan hati yang jujur, benarkah motivasi kita melayani Tuhan karena memang itu kerinduan hati kita atau karena motivasi lainnya? Tentu hanya kita dan Tuhan yang tahu.

Jika ada yang melayani Tuhan untuk mencari uang, maka biasanya dia pilih-pilih dalam memberikan pelayanan. Perlakuan terhadap yang kaya dengan yang miskin akan sangat berbeda. Jika motivasi pelayanan kita adalah mencari pujian, kehormatan, atau supaya menjadi terkenal, bisa dipastikan bahwa pelayanannya tidak dilandasi ketulusan hati. Maka ketika ia tidak mendapatkan uang, fasilitas, pujian, kehormatan, apalagi terkenal, mulailah ia kecewa, melayani sekedarnya saja dan tidak bersemangat. Kualitas pelayanannya pun semakin hari semakin merosot. Jika itu menimpa diri kita, segera ubah dan perbaharui motivasi kita!

Melalui Firman Tuhan dalam 2 Korintus 4: 1 – 6, kita bisa belajar dari kehidupan dan motivasi pelayanan Rasul Paulus. Ia melayani bukan didasari motivasi mencari uang, pujian, kehormatan, apalagi supaya terkenal. Ia melayani Tuhan dilandasi kemurahan Tuhan semata. Ia yang dulunya sangat membenci pengikut Kristus bahkan menjadi penganiaya mereka, tetapi secara pribadi Yesus justru memanggil dan memakainya menjadi pelayan Tuhan.

Paulus yang merasa dirinya begitu berdosa, tapi Tuhan tetap mengasihi dan memakai hidupnya untuk kemuliaan Tuhan. Maka seberat apapun penderitaan yang dialami, ia tidak pernah tawar hati. Sekalipun berkali-kali dijebloskan ke penjara, menderita sakit bagai duri yang menusuk dagingnya, kesulitan, kemiskinan, disingkirkan, dan bahkan pernah dijauhi teman sepelayanan. Namun hal itu tidak membuat dirinya undur dari pelayanan. Ia tidak pernah berlaku licik, memalsukan firman Tuhan untuk kepentingan pribadi.

Bukan nama diri yang lebih ditonjolkan, tetapi kemuliaan nama Yesus Kristus lah yang ia beritakan. Motivasi pelayanan Paulus yaitu supaya setiap orang beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan nama Allah yang nampak pada wajah Kristus. Sehingga mereka yang hidup dalam kegelapan dosa, melihat terbitnya cahaya kasih Tuhan. Amin.

Selamat hati Minggu. Tuhan Yesus memberkati.                                               ~Luk