KATEKESE LITURGI DAN SUARA PROFETIK “GEREJA”

Minggu ini kita telah memasuki Minggu terakhir dari Bulan Katekese Liturgi. Katekese atau pengajaran terhadap liturgi secara luas, mengapa perlu diajarkan? Supaya liturgi itu hidup dan menghidupi kehidupan bergereja dan berjemaat sebagai warga gereja. Liturgi itu bisa menghidupi kehidupan bergereja kalau liturgi tersebut dibangun secara bersama-sama oleh semua warga gereja, seperti asal kata dari liturgi itu sendiri, leitourgia, kerja yang dilakukan secara bersama oleh semua untuk semua bagi kemuliaan nama Tuhan. Karena dikerjakan dan disiapkan secara bersama, maka liturgi itu harus penuh keceriaan, bahagia, senang, penuh keikhlasan, penyerahan diri, seperti yang dirasakan dalam ibadah. Dengan demikian jemaat bertumbuh dan berhisab dalam kasih karunia Tuhan, bahwa dalam segenap hidupnya jemaat merasakan penyertaan dan kehadiran Tuhan.

Liturgi yang menghidupi adalah liturgi yang mampu membawa perubahan dalam kehidupan jemaat. Kita sangat dibantu dalam Minggu-Minggu Katekese Liturgi ini, dimana bacaan-bacaan mingguannya membawa kita kepada liturgi kehidupan yang sesungguhnya, bahwa liturgi dalam wujud ibadah itu merupakan sarana interaksi kita dengan Tuhan dan sesama.
Pertanyaannya apakah gereja secara utuh telah menghidupi liturgi itu dalam kehidupannya. Masihkah ada suara profetik gereja di tengah persoalan berbangsa, bernegaram bahkan berjemaat? Suara profetik itu terus didengungkan oleh gereja, seperti yang kita baca dalam bacaan-bacaan Bulan Katekese Liturgi.
Menegur, mengingatkan dengan cara yang benar adalah bagian dari kita menghidupi liturgi itu sendiri. Dengan demikian Bulan Katekese Liturgi ini dilaksanakan tidak hanya sebagai rutinitas tahunan, tetapi benar-benar membangun jemaat dalam kehidupannya. Seperti yang Tuhan Yesus katakan, Hari Sabat untuk manusia, bukan manusia untuk Hari Sabat. Demikian juga dengan liturgi, biarlah liturgi untuk manusia, sehingga dapat memanusiakan manusia dan peradaban.
Selamat menghidupi liturgi dalam hidup keseharian kita. Tuhan memberkati. ~SRL