KASIH

Bacaan: MATIUS 5: 44 – 45

“Kasih adalah belajar mengasihi mereka yang membenci dan berdoa bagi mereka yang menganiaya.”

Yesus… Ia memang pendobrak jaman ketika arus utama ajaran Yahudi berpegang pada hukum balas dendam atau eustalionis.

Yesus… Ia membawa ajaran yg sama sekali baru. Bukan mata ganti mata atau gigi ganti gigi, tetapi kejahatan harus dilawan kebaikan. Musuh bukan untuk dibenci, tetapi dikasihi. Bahkan harus berdoa bagi yang menganiaya. Bahkan dengan vulgar Yesus mengajarkan para muridNya, untuk memberikan pipi yang satu ketika pipi satunya ditampar. Sebuah ajaran dan perintah yang tidak lazim, bukan juga untuk kehidupan di jaman ini.

Misi utama Yesus, membawa ajaran atau hukum Kasih, bukan hukum yang mengikat manusia dan menghukumnya. Hukum cinta kasih memang ajaran yang indah. Namun mewujudkannya memang tidak selalu mudah. Tak begitu mudah memaafkan yang menyakiti dan tak begitu mudah mengasihi yang membenci. Namun apapun itu, sebagai murid-murid-Nya, kita wajib dan harus memperjuangkannya terus menerus.

Apakah kita masih sangat susah untuk memaafkan dan mengampuni? Mari kita minta pertolongan Tuhan agar tidak menyimpan dendam tapi rela memaafkan. Belajar dan belajar terus untuk rela memaafkan. Janganlah kalah dengan kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan. Jika kita terus mengusahakannya, Ia pasti membuka jalan. Tuhan mengasihi dan merengkuh hidup kita. Taati prokes dengan baik, terus belajar menjadi pribadi yang berguna.

~EW