JANGAN MENYEMBUNYIKAN TALENTA

Bacaan: MATIUS 25: 14 – 30

“Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!” (Matius 25: 25)

Terkadang ada saja orang yang iri atas keberhasilan orang lain. Seakan-akan apa yang dilakukan orang lain selalu berhasil, bahkan pandai dalam hal apapun. Sementara dirinya hanya meratapi nasib dan selalu mengeluh bahkan menyalahkan Tuhan karena dianggap tidak adil.

Saudaraku terkasih, Tuhan itu Mahaadil. Ia akan memberikan talenta kepada setiap orang sesuai kemampuan dan kesanggupannya (ay. 15), ada yang diberi 5, 2, dan 1 talenta. Mengapa yang diberi 1 talenta gagal mengembangkannya? Ada beberapa sebab:

  1. Ia tidak mau berusaha mengembangkan talentanya, tetapi justru menyembunyikannya (ay. 18);
  2. Ia tidak setia dalam perkara kecil, sehingga tidak mungkin diberi tanggung jawab yang lebih besar seperti yang lainnya (ay. 21, 23);
  3. Menyalahkan Tuhan karena tidak adil dan kejam (ay. 24);
  4. Takut melangkah dan memulai usaha untuk mengembangkan talentanya (ay. 25);

akibatnya ia sama sekali tidak memiliki kemajuan apapun dibanding lainnya!

Bagaimana dengan kita saat ini? Jangan hanya merenungi dan meratapi nasib apalagi menyalahkan Tuhan. Ketahuilah bahwa Tuhan sudah memberikan talenta, bakat, dan kemampuan kepada setiap orang. Tinggal bagaimana kita mensyukuri dan mengembangkannya. Jangan dikira orang yang sukses itu hanya berpangku tangan saja. Mereka selalu berusaha, berinovasi, berkreasi dan terus mengembangkan talentanya. Sekalipun kita hanya diberi 1 talenta, tetapi jika kita terus berusaha mengembangkannya, maka talenta-talenta yang lain akan diberikan Tuhan kepada kita (ay. 28).

Ingat, selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. Jangan sembunyikan talentamu, agar engkau tidak menyesal pada akhirnya. Selamat hari Minggu, Tuhan Yesus memberkati.                               ~LUK