JAMAHAN IMAN YANG MENYEMBUHKAN

Bacaan: MARKUS 6: 53 – 56

 “Ke mana pun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh. (Markus 6: 56)

 Siapapun orangnya, jika dirinya atau anggota keluarganya ada yang menderita sakit, apapun akan diupayakan agar bisa sembuh. Tak peduli berapa biaya yang dikeluarkan pasti akan diupayakan. Ibarat gunung akan didaki, lautan pun diseberangi, yang penting bisa sembuh! Namun terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Orang-orang di Genesaret banyak sekali yang menderita sakit. Namun begitu mereka mendengar serta melihat Yesus dan para murid mendarat kemudian berlabuh di Genesaret, mereka mengalami kesembuhan oleh karena kuasa Tuhan Yesus. Apa rahasianya sehingga segala penyakit yang mereka derita sembuh?

  1. Mereka mengenal Yesus (ayat 54). Mengenal bukan sekedar tahu siapa Yesus. Banyak di sekitar kita yang hanya tahu tentang Yesus. Mereka mengatakan Yesus itu nabinya umat Kristen, Juruselamat orang Kristen, dan hanya diutus untuk bangsa Israel. Tetapi orang Genesaret mengenal Yesus, yaitu Allah yang datang ke dunia dalam rupa Manusia, yang akan menyelamatkan siapapun yang percaya kepada-Nya (Yohanes 3: 16).
  2. Datang kepada Yesus (ayat 55). Mereka datang kepada Tuhan Yesus bahkan berlari-lari, menunjukkan suatu tindakan iman. Itulah iman yang hidup.
  3. Memohon pertolongan kepada Tuhan Yesus dengan permohonan sederhana, yaitu hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Namun meskipun mereka hanya menjamah jumbai jubah Yesus, mereka semua sembuh! Itulah jamahan dengan iman yang akan menarik kuasa Tuhan Yesus dan menjadikan mereka sembuh total.

Saudaraku terkasih, mungkin saat ini ada di antara kita yang sakit dan merindukan kesembuhan. Mengapa kita tidak mencoba untuk mengenal Yesus secara pribadi, datang dan memohon pertolongan-Nya? Lakukan dengan iman tanpa keraguan, maka kita akan mengalami mujizat kesembuhan, pemulihan, dan keselamatan! Amin.

Selamat hari Minggu dan selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

(Lukas Istiadi)