GAUDETE

Bacaan: ZEFANYA 3: 14–20

Tidak terasa Minggu ini kita telah memasuki Minggu ke-3 Masa Adven Natal. Dalam kalender gerejawi, minggu ini disebut juga dengan Minggu Gaudete atau Minggu keceriaan atau kebahagiaan. Bahwa terang yang akan datang dan diam di tengah-tengah manusia itu semakin dekat dan nyata. Karena itu Minggu Gaudete ini dilambangkan dengan warna merah atau pink.

Warna merah muda melambangkan bahwa penderitaan zaman ini tidak sebanding dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita. Suasana gembira harus mewarnakan persiapan jangka pendek, untuk menyambut perayaan penjelmaan Sang Sabda menjadi manusia. Namun dalam Minggu Gaudete ini kita juga disuguhkan dengan realita kehidupan yang bertolak belakang dengan suasana yang harus kita bangun. Bencana alam akibat banjir, tanah longsor, dan yang terbaru erupsi Gunung Semeru adalah realita yang menyedihkan yang harus kita hadapi dalam Minggu Gaudete ini, maka sangat relevan tema besar masa Adven Natal tahun ini “Merayakan Kerapuhan dengan Kebajikan”, bahwa sebenarnya kita semua adalah manusia yang rapuh di hadapan Allah, karena kerapuhan itulah kita harus saling menolong, peduli terhadap apa yang dihadapi oleh sesama kita.

Dalam kerapuhan dan ketidakberdayaan, kita selalu diingatkan bahwa ada janji keselamatan yang terus dikerjakan oleh Tuhan seperti dalam bacaan kita hari ini. Untuk semua permasalahan yang kita hadapi Tuhan katakan jangan takut, karena Dia selalu ada di antara kita, membaharui dan memenuhi dengan kasih-Nya. Tuhan akan mengangkat malapetaka dari kita, menghilangkan penindasan, menyelamatkan yang terpinggirkan, mengumpulkan yang terpencar, memulihkan orang yang mendapat malu, memulihkan secara utuh kehidupan umat-Nya.

Dalam Masa Adven di Minggu Gaudete ini kita terus diingatkan dalam kerapuhan,  kita diajak untuk hidup sederhana, mengutamakan Tuhan, percaya pada-Nya, bukan mengutamakan kekayaan dan kekuasaan duniawi; bersikap rendah hati, berduka cita dan menghibur yang lain, penuh belas kasihan dan memaafkan, bekerja untuk keadilan dan mencari perdamaian dengan sesama.

GAUDETE ET EXSULTATE

BERSUKACILAH DAN BERGEMBIRALAH MENYAMBUT PENYELAMATMU. AMIN.

~SRL