BELAJAR ARTI KESABARAN

Bacaan: 1 KORINTUS 13: 4

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.”

Bapak, Ibu, Saudara yang dikasihi Tuhan, ada pepatah Jawa yang mengatakan “Yen isih gelem urip ana donya, kudu gelem rekasa” dan kunci utamanya adalah kesabaran, sabar menghadapi segala yang ada dalam hidup ini. Bapak, Ibu, Saudara, hidup ini terus maju ke depan, kita tidak tahu apa yang terjadi dalam tahun 2022 yang baru saja kita jalani ini. Belajar arti kesabaran dapat kita peroleh dari mana saja. Terkadang Tuhan melatih kita lewat pengalaman pribadi tetapi kita juga bisa belajar dari pengalaman hidup orang lain.

Nats renungan hari ini jelas mengingatkan kita mengenai kesabaran yang menjadi salah satu wujud kasih Allah berdiam dalam diri kita. Seorang percaya yang mengaku dirinya memiliki kasih perlu bertumbuh dalam kesabaran dengan pertolongan Roh Kudus. Mengenai kesabaran, kita bisa belajar dari kesabaran Allah juga yang terpapar jelas dalam banyak kisah yang dapat kita baca di Alkitab. Ya, kita punya bahan melimpah tetntang hidup dalam kesabaran untuk dapat kita terapkan dalam hidup keseharian.

Bila dibanding 5 – 10 tahun silam, apakah kita cenderung lebih sabar, atau malah sebaliknya menjadi lebih tidak sabar? Kiranya renungan hari ini dapat kembali mengobarkan semangat kita untuk bertumbuh dalam kesabaran, termasuk dalam menantikan jawaban doa-doa kita. Kehidupan yang dijalani dengan sabar akan terasa lebih ringan untuk dijalani. Selamat terus berjuang dalam kehidupan. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

~DH